Cari Artikel

Kamis, 16 Maret 2017

Atasi Sevilla 2-0, Leicester Melaju ke Perempatfinal

Leicester Lolos

Leicester City berhasil meraih tiket lolos  ke babak perempatfinal Liga Champions usai mengalahkan Sevilla dengan skor 2-0 di leg kedua babak 16 besar.

Dari laga yang dihelat di King Power Stadium, Rabu (15/3/2017) dinihari WIB tadi, Leicester City memulai misi untuk membalikkan keadaan dengan bermain bagus. Mereka bisa mengakhiri babak pertama dengan unggul 1-0 di paruh perdana melalui aksi Wes Morgan. Di awal paruh kedua, Leicester menambahkan keunggulannya lewat gol Marc Albrighton. Mereka semakin diunggulkan usai Samir Nasri harus keluar dari lapangan lantaran menerima kartu kuning kedua dari wasit.

Sevilla yang kalah jumlah pemain sempat memiliki peluang besar untuk memperkecil ketertinggalannya sekaligus bikin pertandingan diteruskan ke babak extra time setelah memperoleh hadiah penalti dari wasit karena Kasper Schmeichel melakukan pelanggaran terhadap Vitolo di kotak penalti. Namun Steven N’Zonzi yang sebagai algojo gagal menjalaninya usai tembakannya dapat dibaca oleh Schmeichel. Kedudukan 2-0 itu bertahan sampai laga selesai. Dengan begitu, Leicester yang berhak melaju dengan keunggulan agregat 3-2 atas Sevilla.

Kronologi Laga

Sevilla lantas bermain menekan di awal menit babak pertama dan sudah mendapatkan peluang kala laga baru berjalan empat menit. Bola umpan Pablo Sarabia ke kotak terlarang Leicester meluncur ke Samir Nasri. Kendati dihalau Wes Morgan, Nasri bisa melepaskan tendangan ke arah jala tim tuan rumah. Namun kiper Kasper Schmeichel dengan sigap menghadang dan cuma menghasilkan tendangan sudut untuk tim tamu.

Leicester gantian memperoleh kans pada menit ke-11. Namun tembakan voli yang dilepaskan Danny Drinkwater usai tendangan sudut untuk Leicester masih mengenai pemain lawan. Serangan yang dilakukan Leicester bikin Sevilla bermain bertahan. Namun Sevilla juga bisa memberikan ancaman dengan mengandalkan counter attack. Counter attack yang dilakukan Sevilla sempat memberikan kans untuk Pablo Sarabia, namun sepakan yang dilepaskannya masih melenceng dari sasaran.

Leicester akhirnya bisa memecah kebuntuannya pada menit ke-27. Lewat sebuah tembakan bebas di sisi kiri, Riyad Mahrez memberikan umpan ke arah tiang jauh. Kendati dijaga Gabriel Mercado, Wes Morgan tetap bisa memanfaatkan operan itu untuk merobek gawang Sevilla dan sekaligus membawa Leicester unggul jadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Sevilla lantas bermain terbuka demi mencari gol balasan. Ben Yedder hampir menciptakan gol penyama kedudukan pada menit ke-31. Lewat sisi kanan kotak terlarang, Yedder mencari ruang tendang, namun bola hasil tembakannya lalu cuma mengarah ke samping jala Leicester.

Menatap babak pertama selesai, Leicester punya kans melalui aksi Jamie Vardy. Usai operannya ke dalam kotak terlarang tidak menemui sasaran. Vardy lalu coba melepaskan tendangan dari jarak jauh. Namun hasilnya, masih melebar dari jala Sevilla. Skor 1-0 untuk keunggulan Leicester bertahan hingga turun minum.

Sevilla merubah skema permainannya di awal paruh kedua dengan melakukan pergantian pemain. Mariano dan Stevan Jovetic diturunkan untuk mengisi posisi Mercado dan Sarabia yang ditarik keluar dari lapangan. Tim tamu yang sedang berusaha untuk mencetak gol penyama langsung bermain menekan di awal paruh kedua. Serangan yang dilakukannya hampir membuahkan hasil, namun tembakan Escudero cuma mengenai mistar jala Leicester.

Leicester justru bisa menambahkan keunggulannya menjadi 2-0 atas Sevilla pada menit ke-54. Usaha Adil Rami untuk menghadang operan silang Mahrez malah meluncur ke Marc Albrighton yang dalam posisi bagus di kotak terlarang. Dengan santai, Albrighton mengendalikan bola dan lalu melepaskan tendangan tepat ke sasaran tanpa bisa ditepis oleh kiper Sergio Rico.

Sevilla dibikin emosi dengan pertahanan Leicester setelah tertinggal dua gol. Tim tamu kesulitan mendapatkan kans karena rapatnya pertahanan tim tuan rumah. Bahkan Sevilla harus bermain dengan 10 orang pemain usai Nasri menerima kartu kuning kedua pada menit ke-74 lantaran adu kepala dengan Vardy. Dan Vardy juga mendapatkan kartu kuning dari wasit.

Namun empat menit berselang, Sevilla memiliki kans bagus untuk memperkecil ketertinggalannya sekaligus bikin laga diteruskan ke babak extra time. Mereka memperoleh hadiah penalti usai Schmeichel melakukan pelanggaran terhadap Vitolo di kotak penalti. Akan tetapi, Steven N’Zonzi yang ke depan menjadi algojo gagal menjalani tugasnya, usai tembakannya bisa dibaca oleh Schmeichel.

Vardy mendapatkan kans emas untuk menambahkan keunggulan tim tuan rumah pada menit-menit akhir laga. Lewat counter attack, Mahrez memberikan umpan ke Vardy yang tidak terkawal di kotak terlarang. Namun tembakan Vardy belum tepat ke arah gawang Sevilla. Skor 2-0 itu bertahan hingga laga selesai.

Di laga lainnya, Juventus melaju ke babak delapan besar Liga Champions, usai menaklukkan Porto 1-0 di laga leg kedua. Dari laga leg kedua babak perdelapan final yang berlangsung di Juventus Stadium, Rabu (15/3/2017) dinihari WIB tadi, Paulo Dybala tampil sebagai pahlawan kemenangan Juventus dengan menciptakan gol tunggal lewat sebuah penalti di menit ke-42. Dengan kemenangan ini maka Bianconeri melangkah ke babak delapan besar dengan keunggulan agregat 3-0 usai menang 2-0 di laga leg perdana di kandang Porto.

Dalam pertandingan berlangsung ini, kedua tim bermain terbuka alias saling tekan menekan dan sama-sama memiliki beberapa kans bagus kendati belum berujung gol. Hingga laga memasuki menit ke-40, Juventus mendapatkan hadiah penalti usai Maxi Pereira menahan tendangan Gonzalo Higuain dengan tangannya dan wasit pun memberikan kartu merah kepada Maxi Pereira. Dybala yang maju sebagai eksekutor dan berhasil menjalani tugasnya dengan baik usai tembakannya tidak bisa dihadang oleh Iker Casillas. Skor 1-0 untuk keunggulan Juventus yang sekaligus bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Juventus pun semakin mudah melancarkan serangan ke pertahanan Porto yang bermain dengan 10 orang pemain. Tapi Porto tidak bermain bertahan saja dan mereka juga sempat memiliki kans bagus yang bisa mencetak gol balasan di menit ke-49. Soares memiliki peluang setelah berhadapan satu lawan satu dengan Buffon, tapi upayanya malah melebar dari gawang.

Sementara Juventus terlihat bermain santai setelah unggul agregat 3-0. Mereka lebih banyak bermain di area tengah lapangan dan menunggu momen bagus untuk menyerang. Sementara Porto terus mencoba menyerang tapi belum bisa membuahkan hasil lantaran tim tuan rumah bermain bertahan dengan bagus. Hingga laga selesai, skor 1-0 untuk Juventus atas Porto. (As)

  1. Seri di Kandang Sevilla, Madrid Lolos ke Perempatfinal
  2. Leicester Kalahkan Burnley 3-0
  3. Leicester Kalahkan Liverpool 2-0
  4. Chelsea Taklukkan Scunthorpe 2-0
  5. Leicester Kalahkan Everton 3-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar