Cari Artikel

Sabtu, 18 Maret 2017

Chelsea Atasi Stoke 2-1

Chelsea Tundukkan Stoke 2-1

Chelsea kini semakin kokoh di puncak klasemen Liga Primer Inggris, usai berhasil mengatasi Stoke City dengan skor akhir 2-1.

Dalam laga yang dilangsungkan di Britannia Stadium, Sabtu (18/3/2017) malam WIB, Chelsea sempat dibikin kesulitan oleh tekanan-tekanan yang dilakukan Stoke City. Akan tetapi, gol Willian lewat tembakan bebas pada menit ke-13 mengantarkan The Blues unggul 1-0. Namun upaya Stoke untuk membalas gol akhirnya datang pada menit ke-37 melalui sebuah penalti setelah pelanggaran yang dilakukan Gary Cahill terhadap pemain tim tuan rumah. Jonathan Walters menjalani tugasnya dengan baik dan sekaligus mengakhiri paruh perdana dengan skor imbang 1-1.

Di paruh kedua, Chelsea tampil lebih menekan untuk mencari gol keunggulannya kembali. Hasilnya baru datang saat laga memasuki menit ke-87, dengan Cahill menciptakan gol usai memanfaatkan tendangan sudut. Dengan hasil akhir 2-1 di laga ini bikin Chelsea kini semakin mantap di pucuk klasemen sementara Liga Primer Inggris dan sekarang ini mereka mengoleksi 69 angka dalam 28 laga yang sudah dijalaninya pada musim ini. Sedangkan Stoke masih tetap berada di posisi kesembilan klasemen dengan raihan 36 angka dalam 29 pertandingannya.

Kronologi Laga

Stoke mengawali laga ini dengan bermain menyerang dan menekan pertahanan Chelsea. Sementara tim tamu coba melakukan tekanan melalui serangan cepat, tapi bisa diantisipasi oleh tim tuan rumah.

Chelsea memecah kebuntuannya pada menit ke-13. Memperoleh sepakan bebas dari sisi kiri, Willian melepaskan tendangan lantas yang tidak bisa ditepis oleh penjaga gawang Stoke City Lee Grant.

Chelsea kembali mengancam. Kali ini lewat N’Golo Kante di menit ke-22, namun upaya sang pemain masih dapat dihadang. Lagi, Chelsea punya peluang lagi tujuh menit kemudian. Pedro melakukan operan jitu ke barisan belakang Stoke, yang berhasil diterima Marcos Alonso dengan sepakan voli. Tapi bisa dihalau oleh Grant.

Stoke sempat menciptakan gol ke dalam gawang Chelsea pada menit ke-34. Diawali dari tendangan sudut, bola disundul Bruno Martins Indi ke dalam jala. Namun wasit menganulir gol tersebut. Bukan lantaran offside, tapi Saido Berahino dinilai melakukan pelanggaran lebih dulu terhadap Cesar Azpilicueta.

Empat menit berselang, Stoke benar-benar bisa mencetak gol penyama kedudukan usai Gary Cahill melakukan pelanggaran terhadap Jonathan Walters di dalam kotak terlarang. Walters sendiri yang ke depan menjadi algojo dan menjalani tugasnya dengan baik usai tendangan kerasnya tepat ke sasaran.

Chelsea hampir kembali memimpin pada menit ke-42 melalui aksi Pedro Rodriguez. Tendangan perdananya dihadang, usaha keduanya melayang kendati ruang tendangnya terbuka. Sampai paruh perdana selesai, skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, baik Stoke maupun Chelsea sama-sama tampil terbuka untuk mencari gol keduanya masing-masing. Willian mencoba peruntungannya pada menit ke-51 lewat jarak jauh, tapi tendangannya masih bisa dihadang. Sedangkan tembakan bebas David Luiz sudah tepat ke arah gawang, tapi bisa dijinakkan oleh Grant.

Marcos Alonso nyaris membawa Chelsea kembali unggul pada menit ke-66. Namun sayangnya, tembakan bebasnya masih mengenai mistar gawang. Dua menit berselang, giliran Nemanja Matic yang mencoba peruntungannya, tapi bisa diredam oleh Grant.

Lagi, Chelsea kembali mendapatkan peluang bagus. Tepatnya pada menit ke-76, Pedro melanjutkan operan Willian dengan tendangan. Namun masih bisa dihadang oleh Grant. Sedangkan tandukan Costa dua menit berselang masih melayang.

Chelsea yang tampil lebih menekan akhirnya bisa kembali unggul pada menit ke-87. Operan tendangan sudut Willian awalnya ditanduk Luiz, kemudian coba dihadang Erik Pieters tapi gagal. Cahill menyambut bola liar dengan tendangan keras yang berhasil merobek gawang tim tuan rumah.

Pada masa injury time, Chelsea sempat memperoleh beberapa kans lagi. Tendangan Costa masih melenceng dari sassaran. Sedangkan upaya dari Ruben Loftus-Cheek masih dapat dihalau oleh Grant.

Pada penghujung pertandingan, Stoke yang emosi harus tampil dengan 10 pemain usai Phil Bardsley mendapatkan kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran terhadap Cesc Fabregas. Tidak lama kemudian, pertandingan selesai dan tidak ada gol tercipta lagi. Skor berakhir 2-1 untuk kemenangan Chelsea atas Stoke.

Di laga lainnya, Leicester City meneruskan tren kemenangannya di bawah pelatih baru, Craig Shakespeare. The Foxes kali ini berhasil mengalahkan West Ham United dengan skor 3-2.

Bermain di London Stadium, Sabtu (18/3/2017) malam WIB, Leicester tampil menekan di awal pertandingan. Mereka telah memimpin 2-0 di tujuh menit perdana.

Di menit kelima, Riyad Mahrez yang memberikan operan silang dari kanan malah bikin bola mengarah ke dalam jala. Bola tidak dapat ditanduk Jamie Vardy dan Shinji Okazaki, sehingga mengarah lantas ke dalam jala dan membuahkan hasil.

Dua menit berselang, lewat tendangan sudut, Leicester menambahkan keunggulannya. Marc Albrighton mengirim operan kepada Mahrez dan dikembalikan lagi kepada pemain internasional Aljazair tersebut. Tanpa lama, Albrighton mencungkil bola ke barisan belakang West Ham dan diterima tandukan Robert Huth.

West Ham menipiskan ketertinggalannya menjadi 1-2 pada menit ke-20. Manuel Lanzini mengeksekutor tembakan bebas dengan bagus.

Akan tetapi, The Hammers kembali memperoleh pukulan pada menit ke-38. Tendangan sudut Albrighton tidak bisa diantisipasi oleh bek-bek West Ham, boal liar di depan jala langsung disambut Jamie Vardy untuk ke dalam gawang tim tuan rumah. Skor berubah menjadi 3-1 yang sekaligus bertahan hingga turun minum.

Leicester hampir mencetak gol pada menit ke-59. Cuma saja tendangan Vardy setelah meneruskan operan Mahrez tidak tepat ke arah gawang, kendati telah bisa mengalahkan Darren Randolph.

West Ham berhasil memperkecil ketertinggalannya lagi jadi 2-3 dari Leicester pada menit ke-63. Andre Ayew berhasil memanfaatkan operan Andy Carrol untuk menjebol gawang lawan.

West Ham lantas menekan dan menyerang pada sisa waktu babak kedua ini. Pada penghujung pertandingan, Carroll sempat punya dua kans tapi semuanya bisa diamankan oleh Kasper Schmeichel. Hingga laga selesai, tidak ada gol tambahan tercipta lagi. Skor berakhir 3-2 untuk kemenangan Leicester atas West Ham.

Dengan hasil akhir 3-2 di laga ini maka Leicester kini berada di peringkat ke-15 klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan memiliki 30 poin dalam 28 laganya dan kini mereka memimpin enam poin dari Hull City di peringkat ke-18 yang merupakan batas zona merah. Sedangkan West Ham di posisi ke-11 dengan raihan 33 angka dalam 29 laganya. (As)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar