Cari Artikel

Kamis, 16 Maret 2017

Monaco Depak City

Monaco Kalahkan City 3-1

AS Monaco berhasil membalikkan keadaan dan melaju ke babak delapan besar Liga Champions. Monaco mendepak Manchester City melalui kemenangan 3-1.

Menghadapi Manchester City di Stade Louis II, Kamis (16/3/2017) dinihari WIB, di pertandingan leg kedua babak perdelapan final Liga Champions, Monaco bermain dengan posisi terpaut 3-5 dari hasil akhir di laga leg perdana di kandang Manchester City. Dari kondisi ini, Monaco mengawali pertandingan dengan menyerang dan melancarkan serangan ke pertahanan The Citizens.

Monaco sudah unggul kala laga baru berjalan delapan menit melalui Kylian Mbappe. Fabinho membawa Monaco unggul menjadi 2-0 lewat golnya pada menit ke-29 dan skor tersebut bertahan hingga babak pertama selesai. Kedudukan agregat sementara menjadi 5-5 dan mereka memimpin gol away.

Namun memasuki paruh kedua, City langsung bermain terbuka dan terus bermain menyerang. Pada akhirnya, mereka bisa memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 dari Monaco lewat gol Leroy Sane pada menit ke-71, yang sekaligus bikin City saat ini memimpin 6-5 jumlah agregat.

Tapi enam menit kemudian, Monaco bisa mengembalikan keunggulan dua gol itu dari City usai Tiemoue Bakayoko menciptakan gol dan bikin agregat kembali jadi imbang 6-6, yang bikin timnya memimpin gol away. Di sisa waktu, tidak ada gol tambahan tercipta lagi. Dengan hasil akhir ini maka Monaco dipastikan melaju ke babak delapan besar Liga Champions.

Kronologi Laga

Monaco lantas bermain menekan dan menyerang begitu laga dimulai. Pada menit ketujuh, Monaco lantas memperleh kans bagus melalui tendangan Kylian Mbappe, tapi upayanya masih bisa dihadang oleh kiper Manchester City Willy Caballero. Satu menit kemudian, gawang City kemasukan. Tendangan Benjamin Mendy lewat sisi kiri dari jarak dekat awalnya bisa dihalau oleh John Stones. Bola muntah langsung dikuasai Bernardo Silva, yang tak lama memberikan operan mendatar ke depan jala. Operannya lalu disontek Mbappe yang tidak bisa ditepis oleh Caballero. Monaco unggul 1-0 atas City.

City yang tertinggal satu gol terlihat sulit menciptakan kans bagus. Sedangkan Monaco bermain semakin percaya diri dan terus mencoba menyerang yang membuat tim tamu sedikit kewalahan. Pada menit ke-16, tim tuan rumah sempat merobek jala City lagi melalui Mbappe. Namun wasit menganulir gol itu lantaran Mbappe terlebih dulu dalam perangkap offside kala menyambut operan Fabinho.

Tim tamu tidak bisa berbuat banyak dan tidak bisa mendominasi jalannya laga setelah tertinggal satu gol. Lantaran Monaco yang berhasil mengendalikan permainan.

Monaco bisa menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 atas City pada menit ke-29. Kali ini giliran Fabinho yang mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan operan silang dari Mendy.

Tim tuan rumah kembali memperoleh kans lagi pada menit ke-39. Fabinho melepaskan tendangan, tapi bisa dihadang oleh Kolarov. Sementara City masih terus mencoba menekan tapi belum ada kans bagus tercipta hingga paruh perdana selesai. Skor 2-0 untuk keunggulan Monaco bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, City baru terlihat bisa mengendalikan permainan. Pada menit ke-56, Raheem Sterling menerima operan jitu dari sisi kanan, kemudian memberikan umpan kepada Aguero yang berada di tengah. Namun umpannya bisa dihadang oleh Andrea Raggi sebelum diterima Aguero.

City punya kans pada menit ke-62. Aguero menyambut operan dari Leroy Sane di dalam kotak terlarang dan berada di posisi bagus, cuma saja tendangannya masih melayang.

Tiga menit kemudian, Aguero mendapatkan kans lagi. Fernandinho memberikan operan jitu kepada Silva, yang lalu dilanjutkan kepada Aguero yang sedang berlari di sisi kanan. Aguero kemudian melepaskan tendangan tapi bisa dihadang oleh kiper Monaco Danijel Subasic.

Kali ini Sane yang memiliki peluang setelah menerima operan jitu dari Silva pada menit ke-67. Namun tendangan yang dilakukannya masih belum mengarah ke gawang.

City bisa menciptakan gol pada menit ke-71. Sterling masuk dari kanan dan maju ke tengah, sebelum akhirnya melepaskan tembakan mendatar dan bola bisa dihalau oleh Subasic, namun bola rebound lantas disambar Sane masuk ke dalam gawang Monaco. Skor berubah jadi 1-2.

Namun enam menit kemudian, Monaco bisa membobol gawang City untuk ketiga kalinya. Berawal tendangan bebas Thomas Lemar dari kanan dan bisa diterima Tiemoue Bakayoko dengan tandukan untuk merobek gawang Caballero.

Untuk menambah daya serang, City melakukan pergantian pemain dengan memainkan Kelechi Iheanacho dan menarik keluar Gael Clichy. Namun Monaco bermain bertahan dengan sangat rapat dan membuat tim tamu sulit menciptakan kans. Hingga laga selesai, skor 3-1 untuk kemenangan Monaco atas City.

Di laga lainnya, Atletico Madrid sukses melangkah ke babak delapan besar Liga Champions. Atletico bermain imbang 0-0 kala menjamu Bayer Leverkusen di leg kedua babak perdelapan final.

Bertanding di Vicente Calderon, Atletico bermain seperti biasa dengan memainkan counter attack. Mereka cuma punya ball posession 45 persen, 55 persen milik Leverkusen. Mengenai kans, Leverkusen yang membidik gol dapat melepaskan 14 tendangan dengan tuuh di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Atletico bisa melepaskan sembilan tendangan dan hanya empat yang mengarah ke gawang. Hasil akhir 0-0, maka Atletico melaju ke babak perempatfinal dengan total agregat 4-2.

Dalam pertandingan berlangsung ini, Leverkusen yang membidik gol ketertinggalannya lantas bermain menyerang di awal menit babak pertama. Kevin Volland sempat memiliki peluang bagus usai menerima umpan dari Kevin Kampl, tapi tendangan Volland masih melebar dari gawang Atletico.

Atletico gantian menyerang pada menit ke-11. Kans ini adalah hasil dari operan sepakan sudut yang dilakukan Koke. Tandukan Jose Gimenez masih melayang dari jala Leverkusen.

Koke kembali mendapatkan peluang emas dan nyaris membuahkan hasil untuk Atletico pada menit ke-40. Koke melepaskan tendangan dari luar kotak dan bola mengarah ke sasaran, tapi bisa ditepis oleh Leno dan hanya menghasilkan sepak pojok. Skor masih 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di paruh kedua, Griezmann punya kans, tapi tembakan yang dilakukannya masih belum tepat ke sasaran. Gantian, Leverkusen yang memiliki peluang. Namun tendangan Leon Bailey yang memanfaatkan umpan dari Tin Jedvaj bisa diamankan oleh Oblak. Di sisa waktu babak kedua, tidak ada gol tercipta juga. Skor berakhir 0-0 untuk kedua tim. (As)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar