Cari Artikel

Rabu, 15 Maret 2017

MU vs Newcastle Berakhir Imbang 3-3

MU Diimbangi Newcastle

Manchester United gagal memetik kemenangan dalam lawatannya ke markas Newcastle United di lanjutan Liga Primer Inggris. The Red Devils ditahan imbang 3-3.

Striker Manchester United Wayne Rooney menciptakan dua gol dan bikin satu assist. Sedangkan satu gol The Red Devils dilesakkan oleh Jesse Lingard. United sempat unggul dua gol lebih dulu di paruh perdana. Akan tetapi, Newcastle bisa mengejar gol ketertinggalannya dan sekaligus menyamakan kedudukan lewat aksi Georginio Wijnaldum dan Aleksandar Mitrovic.

Setelah itu United sempat kembali unggul lewat gol kedua Rooney. Namun The Magpies bisa kembali menyamakan kedudukan menjadi imbang 3-3 lewat gol Paul Dummett.

Dari hasil imbang ini maka tim besutan Louis van Gaal itu kini berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan mengoleksi 34 poin dari 21 laga yang sudah dijalaninya pada musim ini. Sedangkan Newcastle berada di urutan ke-18 klasemen dengan raihan 18 poin dari 21 pertandingannya.

Kronologi Laga

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion St James’ Park, Rabu (13/1/2016) dinihari WIB tadi, Newcastle bermain lebih mendominasi soal ball posession di paruh perdana. Tim arahan Steven McClaren itu bisa unggul 56 persen berbanding 44 persen milik tim tamu.

Meski berani bermain menyerang dan dominasi, Newcastle kerap menerima counter attack dari lawan. Barisan belakang tim tuan rumah yang tidak begitu rapat mendapatkan tekanan dari para pemain lawan.

Saat pertandingan baru berjalan sembilan menit, United memperoleh hadiah penalti usai tangan  Chancel Mbemba menyentuh bola di kotak penalti. Wayne Rooney yang ke depan sebagai algojo dan menjalani tugasnya dengan baik. Sepakan kaki kanannya berhasil mengalahkan penjaga gawang Newcastle United Robert Elliot dan sekaligus mengantarkan United memimpin 1-0.

Usai itu, Newcastle sempat memiliki peluang emas di pertengahan paruh perdana melalui tendangan Georginio Wijnaldum. Namun sayang sekali, tembakannya dari jarak dekat masih dapat dihadang oleh penjaga gawang Manchester United, David de Gea.

United menggandakan keunggulannya jadi 2-0 di menit ke-38. Gol diawali dari counter attack yang dilakukan Ander Herrera. Bola umpan Herrera tersebut disambut Rooney. Usai menahan si kulit bundar, striker asal Inggris itu kemudian memberikan operan jitu pada Jesse Lingard yang tengah menerobos masuk ke dalam kotak, melalui tendangan kaki kanan. Gawang Newcastle kembali bergetar untuk kedua kalinya.

Meski begitu, tim tuan rumah bisa menciptakan satu gol balasan sebelum paruh perdana selesai. Tepatnya di menit ke-42, Fabricio Coloccini memberikan sebuah operan panjang dan diterima Aleksandar Mitrovic dengan tandukan. Tandukannya itu mengarah ke Wijnaldum. Tanpa lama, Wijnaldum melepaskan tembakan yang tidak bisa ditepis oleh De Gea.

Skor berubah menjadi 1-2 untuk keunggulan United yang sekaligus bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, United sempat memiliki kans emas lewat Lingard. Memanfaatkan umpan dari Herrera dari jarak dekat, Lingard melepaskan tendangan tapi malah melenceng dari arah gawang.

Newcastle bermain menyerang dan melancarkan serangan yang bikin barisan pertahanan lawan kesulitan. Mereka sempat memberikan operan jitu ke dalam kotak terlarang lawan kendati belum berujung gol.

Newcastle akhirnya bisa mencetak gol penyama kedudukan jadi 2-2 di menit ke-67. Gol ini lahir dari sebuah penalti usai Mitrovic dilanggar jatuh oleh Chris Smalling di kotak terlarang. Mitrovic sendiri yang ke depan sebagai algojo dan menjalani tugasnya dengan bagus.

Seusai itu, pelatih Manchester United Louis van Gaal melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Herrera untuk memainkan Juan Mata ke dalam lapangan.

Hasilnya sangat positif, United bisa kembali unggul menjadi 3-2 atas Newcastle di menit ke-79. Gol diawali dari tendangan Memphis Depay yang tidak mampu dihadang dengan bagus oleh bek lawan. Bola justru mengarah ke Rooney. Tanpa lama, Rooney pun lantas melepaskan tendangan tepat ke arah gawang dari jarak jauh yang gagal ditepis oleh Elliot.

United kembali mengancam. Tepatnya di menit ke-83, Marouane Fellaini menyundul bola hasil umpan silang dari Memphis. Namun sundulannya bisa dihalau oleh Elliot.

Enam menit berselang, Newcastle juga bisa kembali menyamakan kedudukan lagi yang menjadikan skor imbang 3-3. Diawali dari sebuah operan silang yang gagal dibuang oleh Smalling, bola mengarah ke Dummett. Lewat tendangan keras, Dummett berhasil membobol gawang De Gea.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan tercipta lagi. Skor berakhir imbang 3-3 untuk kedua tim.

Di bawah ini ada tambahan berita lainnya.

Newcastle berhasil memboyong Jonjo Shelvey dari Swansea City di bursa transfer musim dingin.

Shelvey didatangkan Newcastle dengan nilai transfer sekitar 12 juta poundsterling. Usai lulus tes kesehatan, pemain tengah berumur 23 tahun ini diberikan kontrak selama 5,5 tahun mendatang.

Mantan pemain Liverpool tersebut lantas diperkenalkan ke para fans di St James’ Park, ketika Newcastle menghadapi United di giornada ke-21 Liga Primer Inggris.

Kehadiran Shelvey memang sangat dibutuhkan Newcastle, mengingat mereka memerlukan seorang pemain yang memiliki kualitas dalam melepaskan tendangan keras dari luar kotak.

Sedangkan Shelvey perlu tim yang dapat memastikan satu tempat di tim skuad usai dia tidak dibutuhkan di skuad Swansea. Padahal ketika masih dibesut Gary Monk, Shelvey merupakan pemain utama di tim skuad.

“Saya sangat gembira setelah resmi bergabung ke Newcastle United di musim dingin ini,” ungkap Shelvey.

“Klub baru bisa memberikan satu tempat kepada saya dan ini yang membuat saya merasa senang sekali. Jujur saja, saya cukup kecewa ketika berada di Swansea City yang cuma duduk dipinggir lapangan. Padahal saya sudah mencoba memberikan yang terbaik kepada klub itu tapi mereka malah tidak memberikan waktu bermain kepada saya,” kecewa Shelvey.

“Sekarang ini kondisi di klub baru memang cukup rumit, di mana klub sedang berada di posisi zona degradasi. Tapi saya siap membantu tim keluar dari zona degradasi itu. Maka itu saya harus beradaptasi secepatnya di klub baruku.”

Kehadiran Shelvey melanjutkan pembelian  perdana Newcastle di bursa transfer musim dingin ini, usai menggaet Henri Saivet dari Bordeaux. Perekrutan pemain ini tak pelak dari performa Newcastle yang kurang oke, yang mana mereka kini masih di peringkat ke-18 dengan raihan 18 angka. (As)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar