Cari Artikel

Kamis, 16 Maret 2017

Singkirkan Rostov, MU Lolos ke Perempatfinal

MU Kalahkan Rostov 1-0

Manchester United meraih tiket lolos ke babak perempatfinal Liga Europa. United meraih kemenangan tipis 1-0 atas Rostov lewat gol tunggal Juan Mata.

Kala menjalani laga yang digelar di Old Trafford, Jumat (17/3/2017) dinihari WIB tadi, Manchester United yang bertindak sebagai tim tuan rumah tercatat tampil sangat mendominasi dan memiliki kans lebih banyak atas Rostov. Statistik mencatatkan bahwa The Red Devils unggul ball posession hingga 69 persen berbanding 31 persen milik tim tamu. Selain itu atau mengenai jumlah tendangan, United bisa melepaskan 18 tendangan dengan empat di antaranya mengarah ke gawang dan satu dari empat on target berujung gol. Sedangkan Rostov yang sesekali menekan juga memiliki empat tendangan on shoat target tapi tidak ada satu pun yang bisa membuahkan hasil.

Di sepanjang babak pertama, kedua tim saling tekan menekan dan sama-sama memiliki beberapa kans bagus. Tapi tidak ada satu pun kans di antara kedua tim itu bisa berujung gol. Hingga turun minum, skor masih 0-0. Di babak kedua, barulah United bisa memecah kebuntuannya melalui Juan Mata pada menit ke-70. Sementara Rostov yang mencoba bermain terbuka untuk mengejar gol balasan tidak bisa mencetak gol hingga usai laga. Dengan hasil akhir ini membawa United melaju ke babak delapan besar Liga Europa dengan total agregat 2-1, usai di laga leg pertama bermain imbang 1-1 di kandang Rostov. Namun kemenangan ini bikin  United ditinggal  dua pemain inti yakni, Daley Blind dan Paul Pogba, yang tidak bisa bermain hingga laga selesai lantaran mendapatkan cedera.

Kronologi Laga

United lantas bermain menekan dan menyerang di awal menit babak pertama. Mereka memperoleh kans ganda pada menit kelima. Sepak pojok yang dilakukan Blind dapat ditanduk oleh Marcos Rojo, tapi bolanya dapat dihadang oleh penjaga gawang Rostov. Bola muntah coba disambar oleh Zlatan Ibrahimovic, namun masih melenceng dari sasaran. Pada menit ke-30, tim tuan rumah kembali mendapatkan peluang lagi. Umpan jitu Juan Mata, gagal dituntaskan oleh Henrikh Mkhitaryan. Bola tendangan yang dilepaskannya masih melayang dari gawang.

Tiga menit kemudian, United hampir menciptakan gol. Sepakan yang dilakukan Ibra dari jarak dekat cuma mengenai tiang gawang. Kali ini giliran Pogba yang mencoba peruntungannya di menit-menit akhir paruh perdana. Namun upayanya masih bisa diamankan oleh Nikita Medvedev. Skor masih 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, United ditinggal Pogba pada menit ke-47 lantaran sang pemain mendapatkan cedera. Marouane Fellaini masuk menggantikan Pogba yang ditarik keluar dari lapangan. Rostov punya kans pada menit ke-55. Christian Noboa melepaskan tendangan dari jarak jauh. Tapi bisa dihalau oleh kiper Manchester United Sergio Romero.

United akhirnya bisa membuka keunggulannya pada menit ke-70 lewat aksi Mata. Gol ini diawali dari serangan cepat. Mkhitaryan memberikan operan datar lewat sisi kanan, yang disontek Ibra di muka jala tim tamu. Mata yang dalam posisi bagus lantas menyambut bola dengan tendangan untuk membawa United unggul 1-0.

Rostov nyaris bisa mencetak gol balasan pada menit ke-79, andaikan sundulan Aleksandr Bukharov dari dalam kotak tidak bisa ditepis oleh Romero. Tim tamu terus mencoba menekan di sisa waktu babak kedua demi mencari gol penyama. Pada masa injury time paruh kedua, Romero kembali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Kali ini dia berhasil menghalau tendangan bebas Noboa yang melucur ke jala United. Hingga usai laga, tidak ada gol tercipta lagi. Skor berakhir 1-0 untuk kemenangan United atas Rostov.

Di laga lainnya, AS Roma meraih kemenangan 2-1 atas Olympique Lyon di laga leg kedua babak perdelapan final Liga Europa. Tapi hasil ini tidak cukup untuk membawa mereka lolos ke babak berikutnya.

Menghadapi Lyon di Olimpico, Jumat dinihari tadi, Roma bermain dalam posisi terpaut 2-4 dari lawannya. I Lupi pun mengawali dengan bermain menyerang untuk mencari gol ketertinggalannya. Akan tetapi, gawang mereka malah kebobolan terlebih dulu di menit ke-16, yang mana dirobek oleh Mouctar Diakhaby. Giallorossi langsung bisa membalas gol satu menit kemudian melalui aksi Kevin Strootman.

Memasuki paruh kedua, Roma terus bermain menyerang. Sedangkan Lyon yang lebih banyak bermain bertahan mengandalkan counter attack. Upaya Roma menciptakan gol keduanya tercipta pada menit ke-60, kala operan silang Stephan El Shaarawy yang coba dibuang malah mengenai Lucas Tousart dan masuk ke dalam jala timnya sendiri. Namun hingga pertandingan selesai, tidak ada gol tambahan tercipta lagi. Kendati menang 2-1, Roma tetap harus tersingkir dan tiket lolos ke perempatfinal didapatkan oleh Lyon yangn menang agregat 5-4.

Kronologi Laga

Roma lantas menekan dan memiliki peluang bagus di menit keenam. Lewat tendangan sudut, operan Daniele De Rossi disundul Kostas Manolas dan bisa disambut Antonio Ruediger dan dilanjutkan dengan tendangan keras, namun masih mengenai mistar jala. Bola pantulan kemudian ditanduk Mohamed Salah, tapi bisa dihalau oleh kiper Lyon Anthony Lopes.

Kans perdana Lyon pada menit ke-16 justru lantas membuahkan hasil. Lewat tendangan bebas, operan lambung Mathieu Valbuena disambut Mouctar Diakhaby dengan sundulan dan bola masuk ke dalam gawang Roma.

Namun Roma lantas mencetak gol balasan satu menit berselang. Memperoleh tembakan bebas di sisi kiri, operan lambung De Rossi yang mengarah ke tiang jauh disambar Kevin Strootman ke dalam jala Lopes. Skor berubah jadi 1-1 yang sekaligus bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-60, Roma bisa berbalik unggul jadi 2-1 atas Lyon. Kali ini gol diawali dari Stephan El Shaarawy menggiring bola di sisi kanan, kemudian melego satu pemain dan memberikan operan silang mendatar. Christophe Jallet berusaha menghadang, namun bola sempat mengenai Lucas Tousart dan bola mengarah ke dalam jala timnya sendiri.

Setelah itu Roma kembali melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Lyon dan sempat memiliki beberapa kans lagi. Tapi belum ada yang bisa menemui sasaran. Sementara tim tamu yang mengandalkan serangan balik sempat mengancam, kendati belum berujung gol. Hingga peluit panjang ditiupkan wasit tanda berakhirnya laga, tidak ada gol tercipta lagi. Skor berakhir 2-1 untuk Roma atas Lyon. (As)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar