Cari Artikel

Kamis, 16 Maret 2017

Spanyol Kalahkan Albania 2-0

Spanyol Atasi Albania 2-0

Spanyol berhasil meraih tiga poin dalam lawatannya ke markas Albania di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 usai menang dua gol tanpa balas.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadiumi Loro Borici, Senin (10/10) dinihari WIB tadi, Spanyol yang bertindak sebagai tim tamu memang tampil mendominasi jalannya laga dan memiliki banyak kans atas Albania. Kendati demikian, La Furia Roja gagal mencetak gol di sepanjang paruh perdana. Skor 0-0 mengirim kedua tim ke ruang ganti masing-masing.

Di paruh kedua, Spanyol baru bisa mencetak gol ke gawang Albania dan tercipta dua gol. Gol pertama Spanyol dilesakkan oleh Diego Costa pada menit ke-55. Gol kedua dilesakkan oleh Nolito di menit ke-63. Dari hasil akhir ini bikin Spanyol belum tertaklukkan di tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2018 yang telah dilewatinya. Dengan raihan tujuh angka mereka sekarang ini berada di puncak klasemen Grup G dan jumlah poin sama dengan Italia yang berada di peringkat kedua klasemen. Gli Azzurri yang menang tipis atas Makedonia di waktu bersamaan harus di posisi kedua lantaran kalah selisih gol dari Spanyol.

Kronologi Laga

Seperti yang sudah dikatakan di atas itu bahwa Spanyol tampil sangat dominasi di awal menit babak pertama. Akan tetapi, kebuntuan tidak bisa dipecahkan oleh Spanyol lantaran pertahanan Albania sangat rapat. Salah satu kans perdana Spanyol tiba kala Thiago melepaskan umpan kepada Costa dan dengan cepat striker memberikan operan kepada Vitolo. Nama pemain terakhir yang disebutkan itu lantas melepaskan tembakan tepat ke sasaran tapi bisa dihadang oleh penjaga gawang Berisha.

Cuma beberapa menit berselang, Vitolo kembali menekan pertahanan Albania berkat kombinasi dengan Thiago. Namun sayangnya, sepakan yang dilakukannya lagi-lagi bisa dihalau oleh Berisha. Peluang lain yang dimiliki Spanyol adalah kala Ramos memberikan operan yang tak bisa disambut Costa dengan sundulan untuk merobek gawang lawan. Hingga babak pertama selesai, skor masih 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Spanyol kembali melancarkan serangan ke pertahanan Albania untuk mencari gol keunggulannya. Kali ini giliran David Silva yang mencoba peruntungannya, tapi upayanya berakhir gagal lantaran tembakannya masih melenceng.

Spanyol akhirnya baru bisa membuka keunggulannya kala laga memasuki menit ke-55 lewat aksi Diego Costa. Gol diawali dari kesalahan penjaga gawang Berisha yang malah memberikan operan ke Vitolo. Usai mengendalikan bola, Vitolo lantas memberikan operan jitu kepada Silva yang sambil berlari menuju sisi kanan. Usai tembus ke kotak terlarang dan tinggal bertemu dengan penjaga gawang, Silva memilih memberikan umpan ke Costa yang tinggal mengirim bola ke dalam jala. Spanyol unggul 1-0 atas Albania.

Spanyol tidak butuh waktu lama untuk menciptakan gol keduanya lantaran delapan menit kemudian giliran Nolito yang mencatatkan namanya di papan skor dan sekaligus membawa Spanyol unggul jadi 2-0 atas Albania. Gol berawal dari Nolito yang membawa bola dari sisi kiri kemudian melego Elseid Hysaj dan berhasil masuk ke dalam kotak terlarang kemudian melepaskan tembakan tepat ke sasaran dan Berisha gagal mengamankan gawangnya.

Setelah unggul dua gol, Spanyol tidak mengendurkan serangannya. Mereka terus melancarkan serangan ke pertahanan Albania. Sebaliknya, Albania mencoba tampil terbuka untuk mencari gol ketertinggalannya, tapi mereka sulit menembus dinding pertahanan Spanyol yang sangat rapat. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol tambahan tercipta lagi. Skor berakhir 2-0 untuk kemenangan Spanyol atas Albania.

Di laga lainnya, Wales dan Georgia berbagi poin usai bermain imbang 1-1 di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018. Dalam laga yang digelar di Cardiff City Stadium, Senin (10/10) dinihari WIB, Wales melakoni pertandingan dengan bagus. Mereka sukses memimpin cepat lewat Bale kala laga baru berlangsung sepuluh menit.

Akan tetapi, situasi tersebut gagal dipertahankan sampai pertandinga selesai. Di awal paruh kedua, Georgia bisa mencetak gol penyama kedudukan lewat aksi Tornike Okriashvili. Georgia bahkan terlihat tampil lebih baik di menit-menit akhir lantaran bisa menekan pertahanan Wales dan memiliki beberapa kans meski tidak berujung gol lagi.

Hasil seri ini adalah kedua kalinya didapatkan Wales secara berturut-turut di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, di mana laga pertamanya mereka juga bermain seri 2-2 melawan Austria. Dengan hasil akhir ini maka Wales sementara naik ke posisi pertama klasemen sementara Grup D dengan koleksi lima angka. Tapi posisi mereka bisa tergeser oleh tim lain yang akan bermain beberapa menit nanti.

Kronologi Laga

Wales yang tampil di laga ini tanpa diperkuat dua pemain intinya yakni, Aaron Ramsey dan Joe Allen, langsung tampil menekan di awal menit babak pertama dan mendominasi jalannya laga. Mereka memainkan operan-operan cepat dan tepat bikin Georgia terpaksa bermain bertahan dengan rapat.

Kala laga baru berlangsung 10 menit, Wales telah memecah kebuntuannya. Diawali dari sepak pojok, Bale sukses menyambut bola dengan tandukan untuk merobek gawang Georgia dan sekaligus membawa Wales unggul 1-0.

Setelah itu Wales kembali menekan dan memiliki peluang bagus lewat tendangan bebas. Sepakan bebas yang dieksekusi oleh Bale sudah tepat ke sasaran, tapi bisa diamankan oleh penjaga gawang Georgia, Giorgi Loria. Tak lama kemudian, striker Real Madrid tersebut kembali memperoleh kans untuk mencetak gol. Dia memanfaatkan sepak pojok Ledley dengan sundulan tapi masih sedikit melayang.

Kendati masih mendominasi jalannya laga, Wales terlihat kurang tajam usai menciptakan gol pertama. Ini bikin Georgia memperoleh peluang untuk menyerang dan menekan pertahanan Wales. Okriashvili mendapatkan peluang bagus yang hampir merobek gawang Wales andaikan tendangannya tidak meleset dari gawang.

Okriashvili akhirnya bisa membobol gawang Wales. Menerima operan dari Kazaishvili, sundulannya mengarah ke gawang yang tidak bisa ditepis penjaga gawang Wales, Wayne Hennessey. Skor berubah menjadi 1-1. Usai sukses mencetak gol balasan, Georgia memiliki peluang untuk berbalik memimpin di menit ke-73. Sukses mendapatkan bola dari pemain lawan, Georgia menyerang lewat counter attack. Mchedlidze yang dalam posisi satu lawan satu dengan Hennessey, gagal menceploskannya lantaran tendangannya melenceng. Di sisa waktu babak kedua, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor berakhir imbang untuk kedua tim. (As)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar